Inilah 3 Pemegang Saham Google yang Terbesar !

uang-online
Uang Online

Punya saham Google pastilah sangat menguntungkan. Sejak tahun 2004 hingga saat ini, harga sahamnya cenderung naik. Kalau harganya pada 20 Agustus 2004 sekitar Rp 757 ribuan per lembar, kini harganya telah mencapai US$ 1.130 atau sekitar Rp 15,79 jutaan.

Kebayang kan kalau pada tahun 2004 kamu telah mempunyai saham mereka dengan jumlah besar, udah kaya banget seandainya dijual sekarang. Di bursa NASDAQ, ada kelas saham milik Google yang diperdagangkan, yaitu kelas A berkode GOOGL dan kelas C berkode GOOG.

Dari banyaknya investor atau trader yang mempunyai saham Google, ada beberapa orang yang diketahui memilikinya dalam jumlah besar. Penasaran, siapa aja orang-orang tersebut? Berikut ini nama-namanya 

1. Larry Page

Udah pasti, yang namanya pendiri memiliki saham perusahaannya sendiri. Begitu pula dengan Larry Page yang tidak lain adalah salah satu pendiri Google sekaligus CEO Alphabet Inc., yang merupakan induk perusahaan Google. Sementara itu, posisi CEO Google diserahkan ke Sundar Pichai.

Menurut data yang diperoleh uang online, Larry memiliki saham Google sebanyak 20 juta saham kelas C. Itu berarti dengan harga kelas C yang berada di angka US$ 1.138, kepemilikan Page mencapai US$ 22,76 miliar atau berkisar 318,14 triliun rupiah. Nilai kepemilikan yang sangat fantastis, bukan?

2. Sergey Brin

Bersama-sama dengan Larry Page membangun Google pada 1998, Sergey Brin juga memiliki saham dalam jumlah banyak. Di Alphabet Inc., Sergey menempati posisi sebagai Presiden. 

Kesuksesannya dalam membangun Google membawanya menjadi orang yang paling kaya di dunia. Kekayaan Sergey dilaporkan mencapai US$ 51,4 miliar atau berkisar 718,59 triliun rupiah.

3. Eric Schmidt

Walaupun sekarang udah gak lagi bekerja buat Google, Eric Schmidt diketahui masih memegang saham Google dengan jumlah yang besar. 

Selama bekerja untuk Google, Schmidt mengemban posisi sebagai CEO dari 2001 – 2011. Lalu menjadi Executive Chairman di Google mulai dari tahun 2011 – 2015 dan dilanjutkan menjadi Executive Chairman di Alphabet Inc. dari 2015 – 2017.

Setelah gak lagi di Google, Schmidt menempati posisi di Gedung Putih sebagai Ketua Dewan Penasihat Inovasi Pertahanan dan kini menjadi penasihat teknis buat dewan.

4. Sundar Pichai

Menjadi CEO Google sejak Oktober 2015, Sundar Pichai tercatat memegang saham Google. Padahal, Pichai sebelumnya bekerja buat Applied Materials dan McKinsey & Company. 

Bekerja di Google dengan tanggung jawab yang besar, Sundar disebut-sebut menjadi CEO dengan bayaran tertinggi. Pada 2016, Pichai dilaporkan mendapat gaji sebesar US$ 199,7 juta atau sekitar 2,79 triliun rupiah.

3 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Investasi Saham

uang-online
Uang Online

Investasi saham kini sudah semakin mudah. Kalau dulu mungkin hanya orang-orang berduit saja yang investasi saham, tapi kini semua kalangan sudah bisa menyelaminya.

Buat para pemula juga semakin mudah karena banyak beredar sekuritas-sekuritas terpercaya. Tinggal kamu memerlukan modal, selain uang, tapi juga pemahaman yang mumpuni. Paling enggak hukum-hukum dasar di dunia pasar modal harus kamu pahami. Rata-rata investor yang gak tahu apa-apa mereka malah gak dapat untung, yang ada malah buntung.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi ke kamu, berikut ini kita mau kasih 3 hal penting yang harus diketahui investor pemula sebelum investasi saham.

1. Beli saat harganya murah, jual saat harganya naik

Hal pertama yang harus diketahui tentang investasi saham adalah waktu yang tepat untuk membelinya. Karena harga saham itu fluktuatif alias naik turun, gak ada yang bisa jamin, kalau hari ini naik, besok naik, atau hari ini turun besok juga turun.  

Namanya investasi kan pasti penginnya dapat untung dong. Nah di dunia saham, hukumnya sangat simpel kok, belilah saat harganya sedang turun lalu jual saat harganya tengah melonjak naik. Waktunya? Sabar-sabar saja, tunggu sampai waktu tersebut datang, dan kamu tinggal menikmati hasilnya.

2. Tidak ada hal yang pasti

Dunia ini dipenuhi oleh ketidakpastian, termasuk juga dalam hal investasi saham. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa harga per lembar saham itu tidak ada yang bisa memastikan, tapi mungkin bisa diprediksi melalui beberapa analisa yang komprehensif. Tidak semuanya selalu naik dan tidak semuanya selalu turun, bahkan untuk perusahaan-perusahaan besar sekalipun.

Ada perusahaan kecil, tapi mereka memperlihatkan pola atau pergerakan saham yang melonjak tinggi, padahal dilirik untuk dibeli saja enggak. Ada juga ketika ramai-ramai para investor membeli saham perusahaan-perusahaan besar dengan harapan bisa memetik keuntungan dengan cepat, tapi pas udah dibeli harganya anjlok dalam jangka waktu yang lama.

3. Pentingnya melihat kondisi perusahaan di pasar

Membeli saham adalah hal yang gampang-gampang sulit. Mudahnya kamu hanya tinggal setor uang, pilih perusahaan, tentukan berapa lot yang mau kamu investasikan. Beberapa orang mungkin beranggapan mereka akan membeli perusahaan-perusahaan besar dengan harapan pasti mendapatkan untung dalam waktu cepat.

Ini Dia 3 Peluang Bisnis dari Susu Kental Manis!

uang-online
Uang Online

Seiring dengan zaman yang kian canggih, semakin bermunculan pula peluang bisnis menjanjikan bisa memberikan kamu banyak pundi-pundi rupiah. Cuma bermodalkan susu, kamu bisa nih meraup pundi-pundi setiap bulannya. 

Kebayang kan kamu menyantap martabak manis yang ditaburi dengan parutan keju, cokelat dan susu kental manis. Hmmm, lezat banget bukan?

Karena itu, kali ini kami ingin memberikan beberapa ide peluang bisnis yang bisa kamu coba buat menghasilkan pundi-pundi rupiah agar semakin menggunung. Berikut empat di antaranya:

1. Jagung susu keju

Jajanan ini tetap menjadi primadona para anak-anak yang memang pada dasarnya menyukai makanan manis. Jagung dengan taburan parutan keju dan susu, siapa yang gak menyukainya? 

Awalnya, cemilan ini hanya berupa jagung manis rebus yang diberi kelapa dan taburan gula. Namun, seiring perkembangan zaman, terciptalah peluang bisnis baru dengan menambahkan susu dan diberi nama jasuke alias jagung susu keju.

2. Es buah segar

Rasanya gak ada deh orang yang gak menyukai minuman ini. Ya, campuran buah segar yang diberi es dan tambahan lainnya seperti agar-agar hingga susu memang sangat enak disantap saat cuaca sedang panas.

Selain itu, karena peluang bisnis ini berbahan dasar buah, maka es buah juga sangat bagus dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin.

Biasanya buah yang digunakan adalah buah naga, mangga, jambu, melon, strawberry, alpukat, anggur, pir, apel, dan lain-lain. Agar semakin lezat, kamu dapat menambahkan agar-agar yang dipotong kecil dadu serta susu vanilla.

Umumnya, para penjual akan menjual es dengan kisaran harga Rp 15 ribu per porsinya. Jika kamu bisa menjual 30 porsi per hari, maka dalam sebulan kamu bisa mengantongi uang Rp 13,5 juta.

3. Es alpukat kocok

Peluang bisnis lainnya yang bisa menghasilkan banyak uang dari susu adalah es alpukat kocok. Ide bisnis kuliner yang satu ini emang belum lama muncul, tapi sudah banyak yang mencobanya dan berhasil mendapatkan omzet lumayan.

Buat menjalani bisnis ini, kamu hanya perlu menyediakan buah alpukat, es, parutan keju dan tentu saja susu.

Cara membuatnnya juga mudah! Kamu hanya perlu mengupas buah alpukat dan dimasukkan ke dalam wadah seperti gelas atau mangkuk kecil, kemudian diaduk hingga hancur. Setelah itu tinggal menambahkan susu dan juga es batu secukupnya.

4 Trik Simpel Investasi Tas Branded

uang-online
Uang Online

Tak bisa dipungkiri kalau kini sudah banyak sekali orang yang melirik tas mewah untuk dijadikan investasi. Hal ini wajar terjadi dengan semakin banyaknya orang yang berminat untuk memiliki tas dengan harga super fantastis.

Maka dari itu, sebelum kamu mau memutuskan untuk terjun ke investasi tas branded, sebaiknya kamu membaca dulu nih tips dan triknya biar bisa menghasilkan keuntungan.

Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Investasi tas branded dengan tepat

Trik pertama yang harus kamu lakukan biar untung bisnis tas mahal adalah dengan investasi tas branded yang tepat. Beberapa merek tas yang cukup banyak dicari orang adalah Hermes, Channel, Louis Vuitton dan Dior.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk membeli tas model yang paling aman dan tak termakan oleh zaman. Biasanya yang memenuhi kriteria ini tuh yang seri klasik, misalnya aja Chanel Boy, Louis Vuitton Speedy hingga Hermes Kelly.

Jangan beli yang terlalu mahal dulu

Jangan membeli tas yang terlalu mahal terlebih dahulu juga bisa menjadi salah satu trik agar kamu gak gigit jari saat mengalami kerugian, terutama buat para pemula.

Untuk itu disarankan agar kamu memiliki tas yang harganya biasa-biasa alias standar terlebih dahulu.

Tujuannya, biar gak rugi banget saat tidak bisa dijual kembali. Ya, dari situ kamu juga bisa belajar untuk mengetahui selera pasar dan bisa tepat sasaran.

Tahu ke mana tas mewah akan dijual

Memang tas bermerek menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Tapi, karena harganya yang mahal, tas mewah umumnya hanya diminati orang-orang berduit seperti selebriti, pengusaha maupun sosialita.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui nih ke mana tas-tas kamu harus ditawarkan. Jangan sampai kamu udah beli banyak tas, tapi bingung mau menjual tas-tas tersebut ke mana. Kalau begitu sih yang ada rugi sendiri.

Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjual

Namanya juga investasi, kamu pasti ingin mendapatkan untung yang besar yaitu dengan menjual barang dengan harga tinggi. Meski begitu, kamu tetap harus bersabar dan menunggu waktu yang tepat. 

Misalnya, untuk membeli tas dengan desain klasik dan timeless, harganya akan cenderung stabil dan tidak perlu takut mengalami penurunan harga yang drastis. Jadi gak perlu terburu-buru menjualnya.

4 Strategi Investasi Untuk Maksimalkan Keuntungan !

uang-online
Uang Online

Investasi menjadi salah satu cara yang kini dilakukan banyak orang buat mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Sebagai investor pemula jangan asal gelontorkan uang begitu aja, kamu mesti tahu strategi investasi yang oke agar banyak cuan.

Kali ini kami ingin memberikan beberapa tips atau strategi investasi yang bisa kamu lakukan agar menghasilkan banyak cuan, terutama buat para investor pemula. Apa saja? Berikut empat di antaranya:

1. Mengetahui cara investasi bekerja

Dalam investasi itu yang terpenting adalah mengetahui cara instrumennya bekerja yang bakal kamu pilih. Nah, mengetahui jenis investasi mu ini merupakan salah satu strategi investasi. 

Sederhananya aja, reksa dana saham dan investasi saham langsung itu dua jenis instumen yang berbeda loh. Meskipun sama-sama bermain di saham, tapi cara pengelolaannya berbeda.

2. Sesuaikan dengan profilmu

Saat udah mengetahui cara kerja instrumen investasi kamu, sebagai investor juga mesti menyesuaikan dengan profil, maksudnya?

Saat kamu memutuskan buat menggelontorkan dana di investasi saham tapi karena memiliki karakter yang takut dengan risiko besar sedangkan saham itu terkenal dengan risiko tinggi. Maka dari itu kamu bisa memilih membeli saham BUMN atau blue chip yang memiliki risiko lebih minim.

3. Jika masih ragu, gelontorkan dana sedikit demi sedikit

Seperti yang udah dijelaskan di atas kalau investasi itu dikenal dengan high return-high risk. Kalau kamu pengin dapat untung gede, ya gelontorkan uang dengan jumlah yang besar juga.

Tapi buat pemula, sebaiknya pilih investasi dengan modal minim dulu. Misalnya, reksa dana yang hanya perlu modal Rp 100 ribu. Secara perlahan, kamu bisa menambahkan dana sedikit demi sedikit sembari mempelajari cara kerja investasinya.

Seenggaknya saat strategi investasi mu gagal, gak akan bikin kamu kaget apalagi sampai stres karena kehilangan uang.

4. Lakukan diversifikasi

Meskipun kamu baru terjun berinvestasi, tapi tetap aja kamu perlu melakukan diversifikasi. Apa sih diversifikasi itu? Diversifikasi adalah salah satu strategi yang bertujuan buat meminimalisir risiko kerugian.

Jadi, ada istilah populer di kalangan investor yaitu “Don’t put your eggs in one basket”(jangan meletakkan telur-telurmu dalam satu keranjang). Karena kalau semua telur diletakkan dalam satu keranjang dan keranjang itu jatuh, maka semua telur akan pecah.

Hal tersebut juga berlaku untuk investasi lho. Kalau kamu menggelontorkan dana di satu instrumen investasi saja, maka saat investasi itu mengalami kerugian, uangmu pun bakal ludes dalam seketika.

3 Ide Usaha yang Cocok Di Yogyakarta

uang-online
Uang Online

Butuh ide usaha kreatif  dan inovatif yang menguntungkan jika dibuka di Kota Yogyakarta? Tenang, kami bakal memberikanmu sedikit bocoran soal berbisnis di kota istimewa yang satu ini. 

Sama seperti Bali, Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang lumayan sering dikunjungi turis. Apalagi, sekarang jogja sudah ada bandara udara baru yaitu Kulonprogo yang letaknya emang jauh dari perkotaan.

Ingin tahu ide usaha menguntungkan jika dibuka di Yogyakarta? Yuk, simak aja nih deretan usaha menguntungkan ini. 

1. Penyewaan kendaraan

Namanya juga kota wisata, wisatawan asing atau lokal pasti butuh kendaraan buat blusukan ke daerah-daerah jadi tujuan liburan di Jogja. Penyewaan motor atau mobil, tentunya bisa menjadi salah satu jenis ide usaha yang bakal laris tinggal disesuaikan aja dengan bujet mu mendirikan usaha ini.

Meski demikian butuh berhati-hati nih saat membuka jenis usaha ini. Ketahuilah siapa dulu yang bakal menyewa armada jenis usaha mu ini dan usahakan peganglah dokumen-dokumen penting milik si penyewa.

2. Kamar kos

Punya ide usaha bisnis properti itu gak mesti mahal. Jika memang orangtua mu memiliki rumah yang gak jauh dari kampus-kampus di sana, kamu bisa mendirikan kamar kos di dalamnya.

Gak usah mewah-mewah yang penting layak ditempati saja dan murah. Tentu saja hal itu bakal membantu para perantauan buat mencari tempat tinggal murah. 

3. Homestay

Nah, kalau ide usaha rumahan ini tentu fokusnya ke wisatawan. Jika emang belum ada bujet mendirikan hotel atau resor mewah yang instagrammable, sewakan aja rumah mu di sana buat dijadikan homestay. Dijamin laris deh asal lokasinya strategis dan enak banget buat tinggal.

Wisatawan yang menyambangi Yogyakarta gak mesti harus memilih penginapan mewah bak hotel bintang lima. Ingat lho, sekarang sudah ada Airbnb, Booking.com, Traveloka, dan lainnya. Iklankan saja penginapan mu di sana.

4. Warung makan murah

Usaha yang satu ini juga bisa ditargetkan ke anak-anak kos. Wajar aja kalau para mahasiswa perantauan emang memburu tempat makan yang harganya miring biar bisa ngirit.

Bukan hal yang sulit kok buat membuka warung makan pinggiran di Kota Yogyakarta. Kota ini terbilang cukup aman dan tenang nih. Yang kamu perlukan adalah izin dari pemilik tanah dan pembayaran retribusi atas tempat usaha mu.

Bisnis Kuliner Sepi? Mungkin Ini 4 Alasannya !

uang-online
Uang Online

Melakoni bisnis kuliner emang gak bisa secara instan langsung sukses. Semua ada prosesnya untuk bisa mencapainya ke sana. Bahkan ada nih ada yang mengeluarkan modal jorjoran tapi tetap aja bisnis kulinernya sepi, kira-kira kenapa ya? 

Bisnis kuliner sejatinya tidak akan kehilangan pelangggan. Karena namanya makanan adalah kebutuhan mendasar manusia, jadi pasti semuanya membutuhkannya. Tapi hal itu juga bukan jadi jaminan kalau bisnis bakalan sukses.

Buktinya, banyak pengusaha yang udah keluar uang besar buat membangun bisnis makanan atau minuman, tapi pembelinya sepi-sepi aja. Nah kira-kira apa ya penyebabnya? 

1. Kualitas rasanya B aja 

Semua bisnis yang menjual makanan dan minuman paling utama adalah soal rasa. Kalau kamu menjual makanan tapi rasanya biasa-biasa saja, bahkan cenderung kurang enak, jangan harap warung mu bakalan ramai pengunjung. 

Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh para pebisnis kuliner, ketika mereka belum memiliki resep dewa racikan sendiri, tapi sudah berani buka cuma gara-gara punya modal banyak. 

Gak ada alasan buat pembeli buat mengunjungi warung mu berkali-kali kalau rasanya biasa saja. Yang ada mereka malah menyebarkan testimoni negatif ke orang-orang. 

2. Salah menentukan harga

Selain itu harga juga bisa jadi menentukan laris atau gaknya sebuah bisnis kuliner. Soal harga gak bisa sembarangan asal matok aja, harus ada hal-hal yang dijadikan pertimbangan. 

Pertama yang udah pasti adalah biaya produksinya. Buat menentukan harga kamu harus menyesuaikan dengan total pengeluaran mu buat  membuat menu tersebut. Misalnya menu mie goreng, hitung dengan detail berapa harga bahan bakunya seporsi seperti mie, bumbu-bumbu dan bahan lainnya. 

3. Lokasinya kurang strategis

Lokasi juga menentukan bisnis kuliner bisa ramai atau tidak. Bukan berarti kamu harus mencarinya di pinggir jalan besar atau di mall-mall besar. 

Tapi carilah lokasi yang kira-kira strategis buat target pasar mu dan disesuaikan dengan konsep warung. Misalnya kamu membuka warung murah meriah buat kalangan mahasiswa, carilah lokasi yang strategis, misal di daerah yang kanan kirinya banyak kos-kosan. 

4. Kurangnya publikasi 

Publikasi merupakan strategi terjitu buat memperkenalkan bisnis kuliner ke khalayak luas. Tanpa publikasi tentu sulit buat menjaring banyak pembeli.

Kamu bisa melakukan publikasi melalui media sosial ataupun sekadar dari mulut ke mulut. Kalau dari media sosial, kamu harus mengeluarkan bujet lebih buat membayar layanan iklan, si Facebook dan Instagram misalnya.